Monday 12 January 2015

Cara Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Inggris dalam Hitungan Bulan


Cara Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Inggris dalam Hitungan Bulan

 Cara Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Inggris dalam Hitungan Bulan - Apakah kondisi seperti ini sering terjadi kepada kalian ? Proses belajar bahasa inggris kalian berjalan baik, sudah banyak menguasai grammar,memahami bacaan dengan mudah, Anda berkomunikasi cukup lancar....TETAPI...Mendengarkan masih bermasalah ??? 

Pertama-tama, ingatlah bahwa kalian tidak sendiri yang memiliki masalah seperti itu. Mendengarkan / listening memang menjadi tugas yang paling berat bagi orang asing yang ingin mempelajari bahasa inggris. Jadi, sekarang Anda sudah tau bahwa Anda tidak sendiri yang memiliki masalah seperti itu. Okey..jadi hal yang paling penting dalam mempelajari bahasa Inggris adalah Listening ( mendengarkan ). Itu artinya, kita harus sesering mungkin melatih Listening kita. Jika Anda ingin melatih Listening Anda bisa melihat di sini :  






Nah, sekarang jika Anda sudah mengetahui bahwa Anda lemah di listening. Saya akan memberikan solusinya. Strategi pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat listening bahasa inggris Anda menjadi lebih bagus adalah : 

1. Terimalah kenyataan sebenarnya. Terimalah bahwa Anda tidak mengerti segalanya tentang listening. 

2. Tetaplah tenang dan sabar ketika Anda tidak mengerti apapun yang diucapkan audio listening ataupun native speaker. Bahkan dalam jangka waktu yang lama sekalipun Anda tidak bisa memahami apa yang diucapkan, intinya tetaplah bersabar dan tenang.

3. Jangan mendengarkan terjemahan dari audio listening. teaplah fokus mendengarkan bahasa Inggrisnya, bukan terjemahan Indonesianya.

4. Tangkaplah intisari dari percakapan tersebut. Anda tidak perlu mengetahui seluruh artinya secara detail. Cukup hanya mengetahui intisari dari percakapan. 

Ketika paman saya menceritakan pengalamannya mempelajari bahasa Jerman, pada awalnya beliau tidak begitu paham dalam mendengar jika melakukan percakapan dengan orang Jerman. Dia berusaha keras menerjemahkannya di dalam pikiran. Ternyata, setelah sekian lama menggunakan metode seperti itu, beliau menyadari bahwa metode itu selalu menimbulkan kebingungan di dalam diri beliau. Setelah 6 bulan melakukan metode seperti itu, akhirnya beliau menemukan 2 kesimpulan. Yang pertama adalah menerjemahkan adalah penghalang untuk mempelajari bahasa asing. Yang kedua, kebanyakan orang terlalu sering mengulang apa yang ia dengar. Beliau mengatakan, dalam mendengar itu jangan terlalu sering mengulang-ulang kalimat yang hanya satu saja hanya karena belum terlalu jelas mendengarnya. Tetapi teruskanlah untuk mendengar kalimat selanjutnya walaupun kita tidak mengetahui artinya. Beliau mengatakan " Saya telah menemukan beberapa hal yang paling penting tentang pemahaman mendengarkan " yaitu " menerjemahkan membuat sebuah kebingugan di anatara diri sendiri dengan orang asing ( Inggris ) yang kamu ajak bicara. 

Ketika Anda sedang mendengarkan orang asing berbicara ( orang Inggris ),godaan untuk mentraslate percakapan akan semakin besar. Tetapi tahukah Anda ? ketika Anda mencoba mentranslate atau menerjemahkan pembicaraan Anda dengan orang asing itu ( Inggris ) Anda akan fokus kepada kosakata yang Anda tidak ketahui artinya ketika mendengar. Sehingga kalimat selanjutnya dari sang pembicara tidak Anda dengar. Dengan begitu, Anda tidak mengetahui inti dari pembicaraan. Sehingga menghasilkan komunikasi yang tidak efektif. Maka mulai sekarang biasakanlah untuk terus mendengar audio percakapan bahasa inggris secara berulang-ulang. Berulang-ulang di sini maksudnya bukan ketika Anda mendengar audio kemudian tidak mnegerti apa yang diucapkan pembicara di dalam audio kemudian Anda putar kembali. Tidak itu cara yang salah. Berulang-ulang yang saya maksud di sini adalah berulang-ulang terus mendengarkannya dengan tidak memutar ulang bagian yang Anda tidak ketahui artinya. Jadi, ketika Anda tidak mengetahui arti dari salah satu kalimat, tetap lanjutkan saja audio bahasa inggris yang Anda dengarkan tanpa harus memutar ulang ke bagian yang tidak Anda ketahui artinya. Perlahan, setelah Anda mengulang-ulangnya ia akan mendarah daging dalam diri Anda tanpa Anda harus berfikir keras menerjemahkannya di dalam fikiran Anda. Ia akan keluar secara spontan tanpa Anda harus pikirkan grammarnya terlebih dahulu.

Semoga cara ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mempercepat penguasaan bahasa Inggrisnya. Bukan saja berlaku untuk bahasa Inggris, tetapi semua bahasa. Trims :)


0 komentar:

Post a Comment