Thursday 8 January 2015

Pertumbuhan Pasar Modern di Keruak Lombok Timur


Pertumbuhan Pasar  Modern di Keruak Lombok Timur

Pertumbuhan Pasar  Modern di Keruak Lombok Timur - Pembangunan pasar  tradisional telah banyak memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di Keruak. Melalui pasar tradisional masyarakat dapat membeli kebutuhan sehari-hari.Dalam hal harga pasar tradisional memiliki harga yang selalu tidak menentu oleh karena itu bisa dilakukan tawar menawar. Dalam proses tawar menawar,tidak jarang akan tercipta suatu kebersamaan yang erat antara penjual dan pembeli yang tidak bisa ditemukan di pasar modern. Pembeli di Pasar tradisional (biasanya kaum ibu) mempunyai perilaku yang senang bertransaksi dengan berkomunikasi /berdialog dalam hal penetapan harga, mencari kualitas barang, memesan barang yang diinginkan, dan perkembangan harga-harga lainnya.
 `              Dari segi kebersihan,keamanan,fasilitas, dan kenyamanan di pasar tradisional Keruak masih sangat rendah.Padahal kebersihan sangatlah penting untuk minat pembeli di pasar tradisional Keruak. Jika lingkungan pasar tidak bersih tentu akn menurunkan minat beli masyarakat di wilayah Keruak. Contohnya saja saat musim hujan lingkungan di pasar Keruak menjadi sangat kumuh dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Keamanan juga menjadi indikator yang penting untuk menarik minat pembeli di pasar tradisional Keruak. Contohnya tempat parkir yang masih sangat kurang aman selain itu masih sering terjadinya pencurian di pasar Keruak.Fasilitas juga merupakn hal yang penting dalam menarik minat pembeli di pasar tradisional Keruak. Contohnya penempatan mushola yang kurang strategis yaitu di sudut pasar yang dimana orang jarang melalui jalan itu, MCK yang seharusnya dikelola dengan baik akan tetapi disalah fungsikan menjadi gudang, dan semua lahan kosong malah dijadikan lahan parkir sehingga hal ini mempersempit jalan pembeli untuk masuk ke pasar.Jika kebersiahan,keamanan serta fasilitas sudah memadai makan akan tercipta suatu kenyamanan.
   Dari kekurangan-kekurangan pasar tradisional Keruak tersebut maka pemodal-modal    kaya mengambil peluang itu untuk suatu pasar yang lebih bersih,aman,fasilitas memadai dan nyaman yang disebut minimarket.Minimarket sudah mulai banyak dibangun di Keruak seperti minimarket pertama yang berkembang adalah WR Fashion yang menjual pakaian-pakaian yang sedang banyak diminati saat itu. Kemudian disusul dengan berdirinya MJ (Medan Jaya)yang merupakan minimarket pertama yang menjual makanan serta pakaian. Minimarket ini sedikit lebih lengkap jika di bandingkan dengan minimarket sebelumnya yang hanya menjual pakaian saja.Beberapa tahun kemudian berdiri minimarket yang hanya menjual makanan yang bernama MAWAR dan baru-baru ini dibangun minimarket baru yang menjual makanan,alat-alat kecantikan dan pakaian yang bernama CB (Cahaya Baru). Sehingga total minimarket dalam ukuran skala besar berjumlah 4 buah.Dengan berdirinya keempat minimarket ini sangat membantu masyarakat Keruak dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebersiahan,keamanan,fasilitas yang memadai dan kenyamanan sudah terwujud di keempat minimarket ini.
B. Dampak         Pembangunan Minimarket atau Pasar Modern Terhadap Perekonomian Pedagang Tradisional di Keruak
Kehadiran pasar modern pada awalnya tidak mengancam pasar tradisonal. Kehadiran pasar modern yang menyasar konsumen dari kalangan menengah ke atas, saat itu lebih menjadi alternatif dari pasar tradisional yang identik dengan kondisi pasar yang kumuh, dengan tampilan dan kualitas yang buruk, serta harga jual rendah dan sistem tawar menawar konvensional. Namun sekarang ini kondisinya telah banyak berubah. Supermarket dan Hipermarket tumbuh . Kondisi ini muncul sebagai  kosekuensi dari berbagai perubahan di masyarakat. Sebagai konsumen, masyarakat menuntut hal yang berbeda di dalam aktifitas berbelanja. Kondisi ini masih ditambah semakin meningkatnya pengetahuan, pendapatan, dan jumlah keluarga berpendapatan ganda (suami istri bekerja) dengan waktu berbelanja yang terbatas. Konsumen menuntut pasar untuk memberikan nilai lebih dari setiap sen uang yang dibelanjakan. Pasar harus mampu mengakomodasi tuntutan tersebut jika tak ingin ditinggalkan para pelanggannya
Pengaruh datangnya pasar modern terhadap pasar tradisional di Keruak sangat kuat sehingga selalu terjadi pro-kontra antara para pelaku bisnis retail modern. Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika masuknya pasar modern di wilyah Keruak diharapkan akan mampu bisa menyerap banyak tenaga kerja dalam hal ini adalah pemuda dan remaja di wilayah Keruak yang baru lulus sekolah tingkat atas yaitu SMA atau yang setara.
Dalam hal ini diharapkan bahwa masuknya pasar modern di Keruak adalah dapat mampu menyerap tenaga kerja yang lebih banyak akan tetapi di dalam bisnis-bisnis retail bahwa manajemen lebih mementingkan tenaga kerja angkatan baru yakni adalah para remaja yang baru lulus Sekolah Menengah Atas atau SMA yang setara. Pada awalnya pusat perbelanjaan atau pasar modern ini berasal dari pasar-pasar tradisional yang semakin berkembang.
          Ada kalanya gedung yang digunakan sebagai pusat perbelanjaan ini dibangun tidak jauh dari wilayah pasar tradisional Keruak. Hal ini menimbulkan fenomena lain yaitu semakin tersisihnya pedagang-pedagang yang berada di pasar tradisional Keruak.Contohnya Pak Tit yang sudah sejak dulu berjualan di pasar Keruak yaitu sejak tahun 1992 sampai sekarang. Beliau yang dulunya menjual sembako,obat-obatan,kosmetik sampai buku tulis namun sejak mulai berdirinya minimarket di wilayah Keruak yang juga menjual barang serupa, sehingga dia lebih fokus menjual sembako terutama beras.Hal ini di kerenakan bahan-bahan pokok seperti beras,sembako masih jarang ditemukan di minimarket.
           Hal ini juga menyangkut individu bagi calon customer/pembeli itu sendiri akan kemanakah mereka dalam membeli kebutuhan sehari-hari. Pada prinsip-prinsip dasar yang dipakai setiap masyarakat untuk memutuskan bagaimana cara terbaik untuk membelanjakannya, termasuk gabungan antara kebutuhan publik dan pribadi, seharusnya berjalan dengan baik asalkan keputusan tersebut hanya atau terutama mempengaruhi anggota-anggota masyarakat yang berlaku. Namun diharapkan masuknya pasar modern atau yang sejenisnya tidak mengganggu pasar tradisional yang sudah dulu berdiri sejak belum masuknya pasar modern di Keruak.
           Dibukanya tempat-tempat perbelanjaan modern menimbulkan kegamangan akan nasib pasar tradisional skala kecil dan menengah di wilayah Keruak. Hilangnya pasar yang telah berpuluh tahun menjadi penghubung perekonomian pedesaan dengan perkotaan dikhawatirkan akan  mengakibatkan hilangnya lapangan pekerjaan. Dengan hadirnya pasar-pasar modern pemerintah harus tanggap dan membuat peraturan-peraturan perundangan dan berharap mampu memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi pasar tradisional. Akan tetapi juga tidak mematikan hadirnya pasar-pasar modern. Keberadaan pasar tradisional dari satu sisi memang banyak memiliki kekurangan seperti lokasinya yang kadang mengganggu lalu lintas, kumuh, kurang tertata, dan lain-lain. Akan tetapi perlu diingat bahwa pasar tradisional memegang peran yang cukup penting dalam perekonomian, mengingat bahwa sebagian besar masyarakat masih mengandalkan perdagangan melalui pasar tradisional. Sehingga sudah selayaknya pemerintah setempat memperhatikan eksistensi pasar tersebut.


0 komentar:

Post a Comment