Monday 16 February 2015

Pengertian, Sruktur, dan Contoh Explanation Text Bahasa Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 4

Pengertian, Sruktur, dan Contoh Explanation Text Bahasa Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 4 - Bagi teman-teman yang belum mengetahui pengertian, struktur, dan contoh explanation text, kali ini saya akan memberitahukannya. Semoga bermanfaat yaa :) Berikut Pengertian, Struktur, dan Contoh Explanation Text Bahasa Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 4 :

BACA JUGA  : Pengertian, Sruktur, dan Contoh Explanation Text Bahasa Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 1

BACA JUGA  : Pengertian, Sruktur, dan Contoh Explanation Text Bahasa Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 2 

BACA JUGA  : Pengertian, Sruktur, dan Contoh Explanation Text Bahasa Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 3  

BACA JUGA  : Pengertian, Sruktur, dan Contoh Explanation Text Bahasa Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 4  

A. Pengertian Explanation Text
Explanation text ini merupakan suatu text dalam bahasa inggris yang pada intinya menjelaskan mengapa sesuatu itu bisa terjadi atau terbentuk terutama berkaitan dengan hal-hal yang bersifat budaya, fenomena-fenomena alam, dan sosial. Contoh budaya : Mengapa Tradisi Bau Nyale di Lombok bisa muncul ? atau kalau contoh fenomena alam : Mengapa gunung meletus bisa terjadi, sedangkan contoh sosial : Mengapa pencurian bisa terjadi ? Nah, seperti itu, teman-teman mengertikan maksud saya ?
B. Struktur Explanation Text Bahasa Inggris
General Statement => bagian ini menjelaskan hal-hal umum yang berkaitan dengan topik yang kita bahas, seperti contoh perkenalan atau arti dari topik yang kita bahas. Misalnya topik kita tentang gunung meletus, maka kita akan menjelaskan apa itu gunung meletus, di daerah mana saja sering terjadi  gunung meletus, pokoknya hal-hal umum tentang topik tersebut.
Squenced of Explanation => bagian ini menjelaskan mengapa atau apa saja yang menyebabkan hal itu bisa terjadi. Contohnya jika sedang membahas gunung meletus, maka yang Anda tulis pada squenced of explanation ini adalah apa atau mengapa gunung meletus bisa terjadi ? apa penyebabnya ?
Closing  => Sebenarnya bagian closing ini tidak ada pada struktur explanation text. Tetapi akhir-akhir ini orang sering beranggapan akhir atau closing dari explanation text itu terletak pada kalimat akhir. Padahal kalimat akhir itu sudah termasuk pada bagian squenced of explanation.

C. Contoh Explanation Text Bahasa Inggris dan Soalnya Serta Jawabannya



 “Cire Perdue” is French words of Lost Wax. It is a process of wax casting used in making metal sculpture.
            First, a model is coated with wax. The solidified wax is encased in a two-layer mold of plaster or clay. It is then melted or otherwise removed from the mold, and metal is poured into the space where the wax had been. After cooling, the mold is broken to free the metal object.
            The ancient method is used to produce sculpture, jewelry, and utilitarian products such as dentures.

15.              The type of the text is a/an …..
a.       Report                          c. discussion                (e.) explanation
b.      Description                  d exposition
16.              The communicative purpose of the text is ….
(a.)       to explain the process of Lost Wax                  d. to tell the readers about Lost Wax
b.      to inform how to make Lost Wax                    e. to present how Lost Wax works
c.       to describe Lost Wax
17.              In the second paragraph, the writer…
(a.)       explains the sequenced of how and why Lost Wax occurs
b.      describe Lost Wax
c.       tells the two-layer mold of plaster in Lost Wax
d.      informs the metal object of Lost Wax
e.       presents the mold and the metal in Lost Wax


0 komentar:

Post a Comment