Friday 15 April 2016

Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Tentang Persamaan Informasi dan Perbedaan Cara Penyajian pada Teks atau Kalimat

Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Tentang Persamaan Informasi dan Perbedaan Cara Penyajian pada Teks atau Kalimat - Kalian tentu pernah menemukan soal Bahasa Indonesia yang menanyakan persamaan informasi dalam 2 buah teks. Nah, bentuk soal-soal seperti ini sangat mudah tetapi juga harus membutuhkan konsentrasi yang baik untuk mencernanya. 

Solusi menghadapi soal ini adalah dengan melihat kata pertamanya dahulu kemudian lihat kalimat selanjutnya membahas tentang apa. Misalnya saya berikan contoh kalimat seperti ini : 

WidyoBaskoro(37),warga Perumahan Poka,beberapa  kali terpaksa mandi di kantornya di  kawasan  Manggar.  Bahkan,untuk  menghemat  air, kadang ia hanya mandi  sekali  sehari.“Bak  kamarmandi saya  sudah  cukup  besar. Namun, melihat kondisi tetap butuh ember  tampungan,” ujarnya.

Nah pada kalimat  "WidyoBaskoro(37),warga Perumahan Poka" ini sudah jelas menjelaskan "siapa". Kemudian pada kalimat selanjutnya adalah tentang "bagaimana". Supaya kalian lebih jelas lagi tentang materi Persamaan Informasi dan Perbedaan Cara Penyajian pada Teks atau Kalimat ini perhatikan contoh soal-soal berikut.




Teks Berita I
Teks Berita II
Ketidakpastian  airmengalir  sangatmerepotkan  warga.  Gabriela(32),wargaBalikpapanBaru,misalnya,    sepekanterakhir harus begadang karena air mengalirsaat  tengah  malam.  Pagi  hari,  air  sudahberhenti. Baru mulai Senin ini air mengalirpada pagi hari hingga petang.
WidyoBaskoro(37),warga PerumahanPoka,beberapa  kali terpaksa mandi di kantornya di  kawasan  Manggar.  Bahkan,untuk  menghemat  air,kadang ia hanya mandi  sekali  sehari.“Bak  kamarmandi saya  sudah  cukup  besar. Namun, melihat kondisitetapbutuhember  tampungan,” ujarnya.

Perbedaan penyajian  kedua kutipan  teks  berita tersebut adalah ….


Teks Berita I
Teks Berita II
A
diawali dengan unsur berita apa
diawali dengan unsur berita mengapa
B
diawali dengan unsur berita apa
diawali dengan unsur berita siapa
C
diakhiri dengan unsur beritabagaimana
diakhiri dengan unsur berita kapan
D
diakhiri dengan unsur berita apa
diakhiri dengan unsur berita siapa

JAWABAN  : B

1.       Bacalah kutipan biografi tokoh berikut!


Anis Baswedan adalah salah satu tokoh pendidikan Indonesia yang meluncurkan program“Indonesia Mengajar”. Beliau merekrut anak-anak muda terbaik lulusan perguruantinggi di Indonesia untuk mengabdi sebagai guru di sekolah-sekolah dasar yang adadi desa-desa di pelosok Indonesia. Lulusan Amerika ini dikenal juga sebagai rektor termuda karena ia baru berusia 38 tahun saat ia didapuk menjadi Rektor Paramadinamenggantikan Nurcholis Madjid pada 15 Mei 2007. Komitmennya dalam pendidikantercermin dalam pernyataannya bahwa pendidikan adalah kunci utama untuk memperolehjanji kemerdekaan.

Keistimewaan tokoh tersebut adalah ...
A.       merekrut mahasiswa lulusan terbaik
B.       menjadi rektor termuda di Indonesia
C.      berkomitmen memajukan pendidikan
D.      menggagas program “Indonesia Mengajar”

JAWABAN  : C

1.       Bacalah kedua kutipan berita berikut!
Berita II
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat optimis bahwa tingkat kesejahteraan hidup masyarakat NTB akan semakin meningkat pada tahun 2016.  Hal ini menyusul membaiknya sejumlah indikator pada triwulan 4 tahun 2015. Hal itu disampaikan Gubernur Nusa Tenggara Barat di Mataram, Kamis (31/12/2015).

Berita II
Timnas senior Indonesia masih memiliki harapan untuk lolos di kualifikasi Piala Asia 2016. Walaupun langkahnya terbilang berat, skuat Garuda optimis mampu membuka peluang dengan memetik hasil maksimal di kandang cina pada 15 November mendatang.Maka dari itu, Samsul Arif dan kawan-kawan harus mengalahkan Cina demi menjaga peluang itu
Persamaan informasi kedua kutipan berita tersebut adalah ….
  1. Tantangan permasalahan dalam hidup
  2. Menjaga peluang dengan kemenangan
  3. Keberhasilan menentukan rasa optimis.
  4. Sikap optimis menghadapi permasalahan

JAWABAN  : D

2.       Bacalah  teks berikut dengan saksama!

TEKS 1
TEKS 2
Yogyakarta kembali diguyur hujan selama 6 jam yang menyebabkan beberapa wilayah dilanda banjir. Banjir kali ini lebih parah dibandingkan sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh debit air yang mencapai ketinggian 50 cm, air keruh, berbau, dan menyebabkan gatal.
Jumat (3/12) sore, Kota Yogyakarta kembali diguyur hujan deras. Di Jalan Kolombo genangan air setinggi lutut orang dewasa. Beberapa kendaraan tampak macet karena kemasukan air.

Perbedaan cara penyajian kedua teks berita tersebut adalah….

Teks 1
Teks 2
A
siapa, kapan, apa
di mana, apa, bagaimana
B
di mana, bagaimana, mengapa
kapan, di mana, bagaimana
C
bagaimana, apa, kapan
kapan,di mana, mengapa
D
di mana, apa, bagaimana
bagaimana, apa, di mana

JAWABAN  : B




Semoga kegalauan kalian tentang materi soal Bahasa Indonesia Tentang Persamaan Informasi dan Perbedaan Cara Penyajian pada Teks atau Kalimat bisa sedikit terbantukan dengan adanya Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Tentang Persamaan Informasi dan Perbedaan Cara Penyajian pada Teks atau Kalimat ini. Semoga nilai ulangan Bahasa Indonesia kalian memuaskan. Tetaplah belajar.

0 komentar:

Post a Comment