Monday 6 June 2016

Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs Bab Menjaga Kelestarian Lingkungan

Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs Bab Menjaga Kelestarian Lingkungan - Salah satu upaya dalam menghadapi ulangan baik ulangan harian maupun ulangan semester adalah dengan rajin menjawab soal-soal latihan. Karena dengan melalui soal-soal latihan tersebut kalian sudah terbiasa menjawab model-model soal. Salah satu mata pelajaran yang memerlukan latihan yang serius adalah Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang sering menjadi hambatan bagi sebagian besar siswa-siswi. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya mereka yang mendapat nilai di bawah standar saat ulangan Bahasa Indonesia. Pada kesempatan ini saya akan memberikan Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs Bab Menjaga Kelestarian Lingkungan. Bagi kalian kelas VII SMP/MTs silahkan pelajari dengan giat. Berikut Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs Bab Menjaga Kelestarian Lingkungan.





1. Berikut ini yang dapat menimbulkan pencemaran air adalah ... .
a. asap pabrik dan asap kendaraan bermotor
b. tumpahan minyak yang diangkut kapal
c. suara mesin yang memecahkan telinga
d. plastik yang tertimbun di dalam tanah


2. Dina merupakan buah hati kedua orang tuanya. Kata buah hati merupakan contoh kata ... .
a. konotatif                  c. reduplikasi
b. denotatif                  d. imperatif


3. Cerita Asal Mula Terjadinya Danau Toba merupakan contoh ... .
a. fable         c. sage
b. mite          d. legenda


4. Agar dapat memahami isi berita, yang perlu dilakukan sebagai berikut, kecuali ...
a. menemukan pokok berita          c. menanggapi berita
b. menulis isi berita                       d. membacakan berita


5. Ayah pulang dari Sumbawa membawa buah tangan yang banyak. Arti buah tangan pada kalimat di atas adalah ... .
a. kenang-kenangan               c. buah yang berbentuk tangan
b. oleh-oleh                          d. uang

6. Anak itu sangat ringan tangan kepada orang lain. Arti konotasi kata ringan tangan adalah ... .
a. suka membantu       c. tangannya ringan
b. suka mengajak        d. suka memukul


Perhatikanlah petikan dongeng berikut untuk menjawab soal nomor 7 dan 8 !

Si Kancil berjalan berjingkat-jingkat di kebun Pak Tani, Kancil hendak mencuri mentimun. Di tengah kebun ada boneka orang-orangan, si Kancil tidak takut, malah menendang boneka itu. Ternyata boneka orang-orangan itu diberi getah nangka sehingga kaki si Kancil menempel di boneka itu dan sulit dilepaskan. Kemudian Pak Tani datang menangkap si Kancil.

7. Berdasarkan petikan di atas, dongeng di atas termasuk … .
a. mite          c. fabel
b. sage          d. parabel


8. Dari petikan dongeng nomor 7 di atas, pelajaran yang dapat diambil adalah …
a. seorang anak jangan nakal
b. seorang anak jangan suka mencuri
c. seorang anak jangan sombong
d. seorang anak jangan malas


9. Perhatikanlah penggalan berita berikut !


Penyelidikan Kepolisian Daerah Jawa Tengah terhadap dugaan tindak pidana lingkungan hidup PT Indo Acidatama di Desa Kemiri, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, tidak dilanjutkan ke tahap penyidikan. Pasalnya, hasil uji laboratorium terhadap kualitas contoh limbah cair pada outlet instalasi pengolahan air limbah perusahaan tersebut tidak melebihi ketentuan baku mutu limbah cair.


"Sebagai salah satu dari 31 perusahaan yang pada tanggal 18 Agustus 2004 turut diinspeksi mendadak oleh tim dari Polda Jateng itu, ternyata limbah cair PT Indo Acidatama tidak  encemari lingkungan. Ini dapat dilihat pada hasil penyelidikan tim Polda Jateng yang dikeluarkan pada Februari lalu," kata Vice Executive Officer to Corporate PT Indo Acidatama, Edy Darmawan.


(Sumber: Kompas, 29 April 2005)


Inti penggalan berita di atas adalah ... .
a. Tim Polda Jateng menyelidiki limbah cair PT Indo Acidatama.
b. PT Indo Acidatama merupakan salah satu dari 31 perusahaan yang pada tanggal 18 Agustus 2004 disidak Tim Polda Jateng.
c. Limbah cair PT Indo Acidatama terbukti tidak melebihi ketentuan baku mutu limbah cair dan tidak mencemari lingkungan.
d. Polda Jateng mengeluarkan hasil penyelidikan tentang limbah cair PT Indo Acidatama pada Februari lalu.

10. Perhatikanlah paragraf berikut !


Kerang darah (Anadara granosa) yang umum terdapat di kawasan perairan Pantai Utara Semarang mengandung unsur logam berat dalam kadar tinggi yang melebihi ambang batas. Kerang jenis ini sering dikonsumsi masyarakat sebagai lauk-pauk dan tambahan makanan soto ayam atau bubur ayam. Dari serangkaian penelitian oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip pada kawasan muara Sungai Babon, muara Sungai Banjir Kanal Barat, dan Pantai Semarang, kandungan logam berat pada kerang darah disebabkan kawasan perairan dan sedimen sudah rusak akibat pencemaran lingkungan.



(Sumber: Kompas, 16 November 2005)


Berdasarkan paragraf di atas informasi penting yang ditemukan adalah ... .
a. Kerang darah di kawasan perairan Pantai Utara Semarang mengandung unsur logam dalam kadar tinggi yang melebihi ambang batas.
b. Kerang darah dikonsumsi masyarakat untuk lauk-pauk dan tambahan makanan soto ayam atau bubur.
c. Kandungan logam berat pada kerang darah disebabkan kawasan perairan dan sedimen sudah rusak akibat pencemaran lingkungan.
d. Kerang darah tidak dapat dikonsumsi karena mengandung logam berat.


B. Kerjakanlah soal-soal berikut !


Perhatikanlah kutipan berita berikut untuk mengerjakan soal nomor 1 dan 2 !


Hutan Konservasi Dirambah


Satuan Polisi Hutan Reaksi Cepat (Sporc) Kalbar, Rabu (23/4), menyita ribuan batang kayu olahan jenis meranti hasil penebangan liar di Taman Wisata Alam (TWA) Asuansang. Kayu bernilai miliaran rupiah itu ditinggal pemilik dan para pekerja saat digerebek petugas Sporc Kalbar.

"Ada indikasi kayu-kayu berkualitas ekspor ini akan dikirim ke Sematan, Serawak, Malaysia. Waktu tempuh dari lokasi pembalakan liar ke Sematan melalui laut hanya berkisar empat jam," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalbat Maraden Purba, yang membawahi Sporc Kalbar.

Menurut Purba, pengungkapan kasus pembalakan liar di wilayah Utara Kabupaten Sambas tak lepas dari keberadaan armada kapal yang dikirim oleh Departemen Kehutanan ke Kalbar, yakni KM Manggala II. Kapal yang mampu mengarungi lautan dan bergerak cepat di alur sungai tersebut ditempatkan di Kalbar sejak Sabtu (19/4).

(Sumber: Kompas, 24 April 2008 dengan pengubahan seperlunya)


1. Carilah gagasan utama masing-masing paragraf pada wacana di atas!
2. Buatlah kesimpulan singkat wacana di atas!
3. Buatlah contoh penulisan buku harian dengan peristiwa yang menyenangkan yang pernah kalian alami !
4. Buatlah empat kalimat yang mengandung makna konotasi dan denotasi !
5. Artikan istilah yang berhubungan dengan lingkungan berikut ini !
a. reboisasi       b. erosi








Semoga dengan adanya Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs Bab Menjaga Kelestarian Lingkungan ini kalian bisa lebih mengerti dan semakin mahir dalam menjawab soal-soal bahasa Indonesia. Jadikan kelas VII (7) SMP/MTs kalian sebagai awal untuk meraih prestasi demi prestasi. Semangat !. Terimakasih telah membaca Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs Bab Menjaga Kelestarian Lingkungan.

0 komentar:

Post a Comment